Halaman Aktif

Selamat Datang

Belajar Hama dan Penyakit Tumbuhan merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran blended learning mata kuliah Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog sedang dalam pembuatan sehingga belum dapat menyediakan layanan secara penuh. Silahkan berkunjung kembali untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan dukungan pembelajaran yang diberikan melalui blog ini. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Pertanyaan Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Pertanyaan Ujian Teori
Silahkan jawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 6 dengan berdasarkan pada Kasus 1 dan Pertanyaan 7 sampai Pertanyaan 10 berdasarkan pada Kasus 2.
  1. Pertanyaan 1: Cermati nama ilmiah jenis serangga yang dicantumkan pada Tabel 1 (halaman 16) lalu jelaskan kesalahan mendasar apakah yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam menuliskan nama ilmiah jenis (spesies).
  2. Pertanyaan 2: Periksa nama ilmiah kumbang kubah Menochilus sexmaculatus pada situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai. Apakah nama ilmiah predator tersebut merupakan nama ilmiah diterima (sccepted)? Setelah mempelajari mata kuliah IHPT dengan materi yang juga menjelaskan mengenai nama ilmiah hama, apa yang seharusnya Anda lakukan mengenai nama ilmiah jenis serangga jika nanti Anda meneliti serangga, baik sebagai hama maupun sebagai musuh alami.
  3. Pertanyaan 3. Salah satu hama yang ditemukan adalah kutu loncat yang diidentifikasi sebagai "heterocelle cubana". Silahkan lakukan pencarian dengan menggunakan kotak pencarian Google dan juga lakukan pemeriksaan pada situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai, apakah dapat menemukan nama ilmiah tersebut. Jelaskan mengapa pada era digital sekarang ini masih bisa terjadi hal semacam ini mengingat identifikasi serangga dapat dilakukan dengan menggunakan banyak pustaka primer yang dapat diakses dengan mudah dan tersedia layanan pemeriksaan nama ilmiah untuk memastikan nama ilmiah yang digunakan merupakan nama ilmiah yang diterima.
  4. Pertanyaan 4. Pada tabel 2 (halaman 32) dicantumkan data dengan judul kolom "Padat Populasi (ekor)". Silahkan periksa Lampiran 1 (halaman 41), ternyata bahwa angka yang dicantumkan sebagai "Padat Populasi" pada Tabel 2 merupakan jumlah individu serangga yang diperoleh dari pengamatan 1 sampai pengamatan 10. Berdasarkan pada definisi populasi, jelaskan apakah menyebut populasi dengan menjumlahkan individu hasil pengamatan pada waktu yang berbeda dapat dibenarkan.
  5. Pertanyaan 5. Masih dengan memeriksa tabel dan lampiran yang sama dan dalam kaitan dengan mentode pengamatan hama yang dilakukan secara langsung, menggunakan perangkap kuning, dan menggunakan perangkap cahaya, apakah penggunaan istilah "Padat Populasi" dapat dibenarkan tanpa membedakan apakah padat populasi yang dimaksud merupakan hasil pengamatan langsung, menggunakan perangkap kuning, atau menggunakan peranhkap cahaya.
  6. Pertanyaan 6. Silahkan mengunduh file excel data Lampiran 2. Setelah mempelajari cara menganalisis data populasi serangga, silahkan: (1) buat kurva pertumbuhan "padat populasi" setiap jenis serangga, (2) lakukan perhitungan LDBK, dan (3) buat grafik perbandingan LDBK untuk menentukan jenis serangga dengan pertumbuhan "padat populasi" tertinggi. Silahkan juga jawab pertanyaan pada sheet yang disertai dengan pertanyaan, dengan mengetikkan jawaban pada sel berwarna hijau.
  7. Pertanyaan 7. Periksa nama ilmiah dan klasifikasi ulat grayak amerrika pada situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai dengan kategori hama, cantumkan: (1) nama ilmiah diterima lengkap dengan nama author, (2) klasifikasi ulat grayak amerika, dan (3) link hasil pemeriksaan nama ilmiah.
  8. Pertanyaan 8. Buat uraian singkat mengenai daur hidup ulat grayak mulai dari telur sampai imago dengan merujuk pustaka pimer hasil pencarian pustaka menggunakan layanan Google Scholar menggunakan kata kunci "fall armyworm life cycle" (tanpa tanda kutip).
  9. Pertanyaan 9. Lakukan pencarian pustaka mengenai cara melakukan pengamatan padat populasi larva dan imago ulat grayak amerika lalu buat uraian singkat mengenai: (1) satuan sampel yang diamati, (2) alat yang digunakan untuk melakukan pengamatan larva dan imago, dan (3) waktu pengamatan, setiap berapa hari Anda melakukan pengamatan sebanyak berapa kali pengamatan.
  10. Pertanyaan 10 Jika Anda melakukan pengamatan populasi ulat grayak amerika pada tanaman jagung monokultur dan pada tanaman jagung tumpang sari, jelaskan bagaimana Anda melakukan analisis untuk membandingkan pertumbuhan populasi ulat grayak amerika pada kedua sistem pertanaman jagung terrsebut.
Pertanyaan Ujian Tugas
Silahkan jawab pertanyaan ujian tugas berdasarkan pada laporan mengerjakan tugas yang sudah Anda masukkan.
  1. Pertanyaan 1. Pada jenis tanaman apa Anda melakukan pengamatan, periksa nama ilmiah jenis tanaman dan klasifikasi jenis tanaman pada situs pemeriksaan yang sesuai untuk jenis tanaman.
  2. Pertanyaan 2. Cantumkan koordinat geografik LS dan koordinat geografik BT serta nama desa/kelurahan di mana Anda melakukan pengamatan.
  3. Pertanyaan 3. Sebutkan satu jenis hama paling merusak yang Anda temukan pada tanaman yang Anda amati, lakukan pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi hama pada situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai untuk melakukan pemeriksaan nama ilmiah hama.
  4. Pertanyaan 4. Setelah menghitung jumlah individu hama yang Anda amati, tentukan dan jelaskan apakah angka yang Anda peroleh merupakan padat populasi mutlak, padat populasi nisbi, atau indeks populasi.
  5. Pertanyaan 5. Sebutkan nama mahasiswa dalam satu kelompok, termasuk nama Anda, lalu sebutkan tugas masing-masing dalam mengerjakan tugas kelompok.