Halaman Aktif

Selamat Datang

Belajar Hama dan Penyakit Tumbuhan merupakan blog baru untuk mendukung pembelajaran blended learning mata kuliah Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan bagi mahasiswa Faperta Undana. Blog sedang dalam pembuatan sehingga belum dapat menyediakan layanan secara penuh. Silahkan berkunjung kembali untuk memperoleh informasi mengenai fitur layanan dukungan pembelajaran yang diberikan melalui blog ini. Mohon berkenan menyampaikan komentar dengan mengklik tautan Post a Comment di bawah setiap tulisan.

Pertanyaan UTS Semester Ganjil TA 2024/2025

Pertanyaan Ujian Teori
Sebelum menjawab pertanyaan ujian teori berikut ini, Anda diasumsikan sudah pernah membaca halaman IT dan AI untuk Penelitian dan halaman Kasus Ujian

Silahkan jawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 5 berdasarkan pada KASUS 1 dan Pertanyaan 6 sampai Pertanyaan 10 berdasarkan KASUS 2.
  1. Sebagai mahasiswa era digital, Anda tentu bisa menggunakan AI untuk memperoleh informasi mengenai ulat grayak amerika. Alih-alih menggunakan Google Scholar, silahkan gunakan Consesnsus AI untuk mencari tiga pustaka paling relevan dan terbaru mengenai arti penting ulat grayak sebagai hama tanaman jagung. Silahkan ketik prompt: "Sebagai pakar hama tumbuhan, Anda tentu mengetahui ulat grayak amerika Spodoptera frugiperda. Tolong carikan saya tiga pustaka paling relevan dan terbaru mengenai hama tersebut" (tanda " tidak perlu disertakan).
  2. Setelah melaksanakan kuliah mata kuliah hama dan penyakit tumbuhan sampai sejauh ini, apakah Anda akan menguraikan arti penting tanaman jagung atau menguraikan arti penting ulat grayak amerika pada alinea pertama bab pendahuluan dan bagian pertama bab tinjauan pustaka jika nanti Anda melakukan penelitian mengenai hama? Jelaskan alasan Anda memilih yang mana dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh pustaka paling relevan dan paling baru untuk menyusun uraian tersebut.
  3. Silahkan baca kembali materi kuliah 3.2 dan kemudian baca bab metode penelitian skripsi yang telah Anda unduh. Jika nanti Anda melakukan penelitian survei untuk menyusun skripsi, apakah cukup hanya dengan melakukan pengamatan pada satu petak tanaman jagung di satu desa dan kemudian menyimpulkan bahwa padat populasi hama hasil pengamatan merupakan padat populasi hama di desa lokasi penelitian? Jelaskan dengan merujuk kepada materi kuliah yang sudah Anda pelajari.
  4. Silahkan baca kembali materi kuliah 3.3 dan kemudian pada bab hasil dan pembahasan skripsi yang telah Anda unduh, baca uraian subbab hasil dan pembahasan bagian B. Setelah membaca materi kuliah dan sub-bab hasil dan pembahasan tersebut, silahkan gunakan kembali Consesnsus AI untuk melakukan percakapan (chat) guna mencari 3 pustaka paling relevan dan terbaru yang diperlukan untuk membedakan ulat grayak amerika dari ulat grayak lainnya. Berdasarkan pada pustaka yang direkomendasikan oleh Consensus AI, sebutkan dan jelaskan ciri-ciri morfologi apa yang seharusnya diamati agar dapat memastikan bahwa hama yang diamati adalaah Spodoptera frugiperda.
  5. Setelah bisa memastikan bahwa jenis hama yang merusak adalah memang Spodoptera frugiperda, jelaskan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa nama ilmiah tersebut merupakan nama ilmiah diterima (accepted)? Kemudian salin dan tempel nama ilmiah diterima dan ketik klasifikasi hama tersebut berdasarkan hasil yang Anda peroleh.
  6. Untuk meneliti mengenai keanekaragaman hayati serangga hama dan menggunakan indeks sebagai ukuran keanekaragaman, Anda perlu menguraikan dalam bab tinjauan pustaka mengenai konsep tersebut dan cara pengukurannya. Sebagai mahasiswa era digital, silahkan lakukan percakapan (chat) dengan Consensus AI untuk memperoleh 3 buku paling relevan mengenai konsep keanekaragaman hayati dan setelah memperoleh buku yang diperlukan, lakukan percakapan kembali untuk memperoleh 3 artikel jurnal ilmiah paling relevan mengenai cara pengukuran keanekaragaman hayati. Untuk mencari buku ketik prompt: "Sebagai pakar keanekaragaman hayati, Anda tetntu mengetahui buku dan jurnal ilmiah paling relevan dan terbaru mengenai keanekaragaman hayati. Tolong carikan saya tiga buku yang menguraikan mengenai definisi keanekaragaman hayati" dan untuk mencari artikel jurnal ilmiah silahkan ketik prompt: "Selanjutnya tolong carikan saya tiga artikel jurnal ilmiah paling relevan dan terbaru yang menguraikan mengenai cara pengukuran keanekaragaman hayati". Berdasarkan pada rekomendasi yang diberikan oleh Consensus AI, silahkan pilih satu buku dan satu artikel jurnal ilmiah yang paling relevan dan terbaru untuk Anda rujuk disertai dengan uraian singkat mengenai alasan mengapa Anda memilih dan mengenai isi masing-masing.
  7. Misalkan untuk menguraikan mengenai cara mengukur keanekaragaman hayati Anda memilih artikel jurnal berjudul Getting the measure of biodiversity, silahkan ketik prompt: "Dapatkan Anda memberikan ringkasan dalam Bahasa Indonesia disertai dengan rujukan pustaka mengenai cara mengukur keanekaragaman hayati yang diuraikan dalam artikel Getting the measure of biodiversity?" Berdasarkan hasil yang diberikan oleh Consensus AI, uraikan secara singkat cara yang sebaiknya digunakan dalam mengukur keanekaragaman hayati serangga pada tanaman bawang merah dalam bab metode penelitian skripsi mahasiswa tersebut.
  8. Setelah membaca materi kuliah 3.2 mengenai cara mengukur dan menganalisis data padat populasi serangga, jelaskan cara mana dari tiga cara pengamatan padat populasi hama yang disebutkan dalam skripsi yang merupakan cara pengamatan populasi mutlak, yang merupakan cara pengamatan populasi nisbi, dan yang merupakan cara pengamatan indeks populasi disertai dengan alasan Anda memutuskan termasuk ke dalam cara yang Anda sebutkan.
  9. Setelah menjawab Pertanyaan 8 dan mengunduh tabel data dengan mengandaikan adalah data populasi serangga merupakan populasi mutlak, dengan terlebih dahulu mempelajari contoh cara menghitung LDBK untuk pertumbuhan populasi serangga hama yang diberikan pada materi kuliah, silahkan unduh file format Excel data Lampiran 1 dan kemudian buat kurva perkembangan populasi dan lakukan perhitungan LDBK setiap jenis serangga. Pada baris di bawah hasil perhitungan LDBK, ketik jenis serangga mana yang mempunyai LDBK paling tinggi dan jelaskan apa arti mempunyai LDBK paling tinggi tersebut.
  10. Setelah menjawab Pertanyaan 9, misalkan nanti akan melakukan pengamatan padat populasi serangga sebanyak 7 kali dalam melakukan penelitian untuk menyusun skripsi. Dari data hasil pengamatan, Anda ingin mengetahui di antara jenis-jenis serangga yang Anda amati, jenis serangga mana yang populasinya meningkat paling cepat. Apakah Anda akan melakukan analisis data dengan cara membuat kurva perkembangan populasi hama dan menghitung LDBK atau Anda akan menggunakan pendekatan analitik sebagaimana dapat Anda pelajari dari artikel jurnal ilmiah Analyzing population growth curves disertai dengan alasan mengapa Anda memilihnya.
Pertanyaan Ujian Projek
Silahkan jawab Pertanyaan 1 sampai Pertanyaan 5 berdasarkan pada projek yang sudah Anda kerjakan dan masukkan laporannya.
  1. Sebutkan nomor kelompok, nama setiap mahasiswa dalam kelompok, jenis tanaman yang ditugaskan untuk diamati, nama jenis hama, dan nama desa/kelurahan di mana kelompok Anda melakukan pengamatan.
  2. Masukkan koordinat geografik LS dan BT lokasi kelompok Anda melakukan pengamatan dalam format derajat desimal.
  3. Setelah Anda terlambat melakukan pengamatan, sebutkan berapa kali Anda bisa melakukan pengamatan pada tanaman yang ditugaskan kepada kelompok dan jelaskan apa alasan Anda menunda mengerjakan projek kuliah sehingga tidak dapat melakukan pengamatan sesuai dengan jumlah kali pengamatan yang direncanakan.
  4. Berdasarkan pada hasil pengamatan yang Anda lakukan seandainya Anda mengerjakan projek kuliah, sebutkan satu jenis serangga hama yang padat populasinya paling tinggi atau menimbulkan kerusakan paling tinggi disertai dengan nama ilmiah diterima yang Anda peroleh dari melakukan pemeriksaan nama ilmiah pada situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai. 
  5. Dengan tidak mengerjakan projek kuliah sesuai dengan waktu yang ditentukan dan dengan alasan sebagaimana Anda berikan sebagai jawaban Pertanyaan 3, berapa nilai maksimum yang Anda harapkan dari nilai projek (0 sampai 100) disertai dengan alasan mengapa Anda berhak memperoleh nilai sebagaimana yang Anda harapkan berdasarkan pada jumlah projek yang laporannya sudah Anda masukkan.